Mimpi-Mimpi Saya yang Tertunda

Semua ini berawal dari ketidaknyamanan saya di jurusan Kimia UGM,,yah.. karena apa ya,? Saya sendiri tidak mengerti,,sepertinya karena hanya jatuh di pilihan ke 2,,jadi saya merasa malas dan tidak bersemangat kuliah,,dan juga saya tidak begitu tertarik menghafal unsur2 dan senyawa2,,dulunya juga saya kurang mantap karena bingung pilihan 2 mau diisi apa -____-,,

Akhirnya…

Pada malam itu ayah saya memergoki saya menangis tersedu2 di kamar,So… saya berani mengatakan kalau saya ingin pindah jurusan,hohoho…

Setelah itu dilanjutkan dengan kegagalan saya masuk UM UGM 2009 di jurusan Akuntansi. Waktu itu saya hanya memilih Akuntansi doang dan mengambil akuntansi UII sebagai cadangan.! *Goodbye MIPA* (^_^)b

Entah kenapa, padahal saya merasa lebih banyak belajar waktu UM 2009 daripada 2008, tapi kog malah gagal T___T (dan sepertinya saya menyadari waktu itu saya lagi maniak2nya facebookan dan update status plurk >,<)

Cukup sudah kegagalan saya dan akhirnya saya pun masuk akuntansi UII,,sebenarnya ayah saya kurang rela melepaskan nama baik UGM,,(kalo saya sih rela-rela saja,hehehe). Toh,menurut saya yang penting niat dan semangat menuntut ilmu bukannya universitasnya,ya kan,?? :p

Dan akhirnya saya disuruh masuk program Internasional (biar swasta tapi lebih keren dikit katanya :D). Yah, akhirnya saya bisa mencapai nilai TOEFL yang standar2 saja buat masuk program tersebut,(maaf tidak usah disebutkan,karena ini rahasia perusahaan =))

Buat sekalian promosi nih,kalo ikutan program internasional lebih dimudahkan buat ke luar negri atau study exchange,,ya entah bagaimana caranya kakak2 angkatan saya juga masih bertanya2, ada yang ikudan forum di internet atau mencari2 brosur,dan saya jadi tidak begitu kecewa lagi deh karena gagal masuk UGM. Toh, di sini saya malah bisa masuk program inter gitu loh B-) ,kalo ketrima akuntansi UGM belum tentu bisa karena mbayarnya juga mahal 17 juta persemester, kalo di sini cuman 5 juta lho (ya setidaknya lebih murah dan saya masih mampu untuk membayarnya,alhamdulillah). Selain itu bahasa inggris juga sangat dibutuhkan untuk persaingan mencari kerja saat ini, jadi ya lumayanlah saya bisa sedikit2 sekarang, =).

Keinginan saya buat ikudan study exchange jadi tambah gede setelah tahu banyak temen2 yang udah pada ke luar negri, bagaimana caranya kalian teman2,,beritahu saya,? -___-. Dan saya ingin menaikkan nilai TOEFL tanpa harus les,hm…mungkin saat ini saya akan mulai membaca novel atau buku2 cerita yang berbahasa inggris saja,pasti bisa :D. Kalau saja tidak kesampaian, saya berharap untuk S2 saja keluar negri,hohoho… Tak apalah mempunyai cita2 yang tinggi,,yang pasti saya percaya Alloh akan memberi ‘hadiah’ atas kegagalan saya selama ini, entah dalam bentuk apapun. Jadi, think positif Alloh pasti akan memberikan yang terbaik.! ^____^

Iklan

Bahaya Tidur di Pagi Hari

Seringkali kita merasa malas untuk bangun pagi atau kebanyakan dari kita melakukan tidur lagi setelah sholat subuh.

Memang, tidur adalah suatu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Akan tetapi, jika itu dilakukan secara berlebihan dan di saat2 yang kurang tepat akan menjadi tidak baik juga. Di sini saya utarakan beberapa dampak negatif dari tidur di pagi hari, diantaranya adalah :

1. Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.

2. Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.

3.  Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.

4. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.

Selain itu juga Ibnul Qayim pernah berkata ” Amalan di waktu muda berpengaruh terhadap amalan di waktu tua”, jadi jika pagi sudah bermalas-malasan maka sorenya akan bermalas-malasan juga.

5. Menghambat datangnya rizki.

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

6. Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

Bukan tidak melarang untuk melakukan tidur ya, akan tetapi ada waktu2 tertentu dimana tidur menjadi baik untuk dilakukan, seperti :

1. tidur ketika sangat butuh,

2. tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,

3. tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Jadi, tidurlah pada saat2 yang baik untuk tidur sehingga akan memperoleh manfaat dari tidur bukan hanya untuk melepaskan penat dan membuang-buang waktu saja.

Sumber : http://rumaysho.com

Selamat tidur ! 😀

Kenali diri sendiri baru orang lain :)

Entah kenapa saya jadi tertarik mempelajari tentang karakter orang. Penggolongan ini dilakukan oleh Junghuun membagi menjadi 16 tipikal kepribadian manusia.

Saia sendiri adalah seorang INFP + ENFP tapi lebih cenderung ke INFP .. Seorang yang sensitif, idealis, memegang teguh nilai, setia, independent, loyal, dan tidak suka perubahan. ok,,silahkan dibaca ^^

ok,kalo begitu langsung saja ini keterangannya :

Ini keterangannya :

ENFJ – PERASA YANG EKSTROVERT DENGAN INTUISI
(EXTRAVERTED FEELING WITH INTUITION)
HARMONIZER

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Memancarkan simpati dan persekutuan

j Hubungan manusiawi yang harmonis

j Bersahabat, bijaksana dan simpatik

j Tekun, teliti dan teratur

j Dihangatkan karena persetujuan dan peka terhadap sikap masa bodoh

j Berkonsentrasi pada sifat-sifat orang lain yang patut dipuji

j Kesetiaan terhadap orang-orang yang dihormati, lembaga atau pelayanan

j Mengidealkan apa yang mereka kagumi

j Kemampuan melihat nilai pada pendapat orang-orang lain

j Mudah setuju terhadap pendapat orang lain dalam batas-batas yang masuk akal

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kesempatan untuk melihat peluang-peluang melampaui apa yang ada saat ini, yang kelihatan atau tidak kelihatan atau diketahui

j Dapat menerapkan minat mereka terhadap buku-buku

j Hanya sekadarnya membutuhkan teori

j Dapat menggunakan karunia mereka dalam berekspresi, misalnya berbicara di depan banyak orang dari pada menulis

j Berbicara dengan orang-orang

j Membangun kerja sama

j Mendasarkan keputusan pada nila-nilai pribadi

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang pendukung yang mengelola bidang-bidang yang membutuhkan ketelitian fakta seperti akuntansi

j Berusaha untuk bersikap ringkas dan profesional

j Tidak membiarkan sikap-sikap sosial memperlambat mereka dalam pekerjaan

j Mengambil waktu untuk memperoleh pengetahuan dari tangan pertama (sumber) tentang seseorang atau situasi sebelum membuat suatu asumsi.

j Menghadapi fakta-fakta yang tak dapat disetujui, dari pada mengabaikan masalah-masalah mereka

Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFJ:

j Pengajar

j Pengkhotbah

j Penjual

j Konseling

ENFP – INTUITIF YANG EKSTROVERT DENGAN PERASAAN
(EXTRAVERTED INTUITITIVE WITH FEELING)
INOVATOR YANG ANTUSIAS

(ENTHUSIASTIC INNOVATOR)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Mencari kemungkinan-kemungkinan dan cara-cara baru melakukan berbagai hal

j Memecahkan masalah-masalah sulit dengan cara-cara yang sederhana

j Mengubah proyek dan peluang-peluang baru demi kreativitas

j Kesempatan untuk mengembangkan dan mengilhami potensi dalam diri orang-orang lain

j Membangkitkan semangat

j Menciptakan lingkungan yang penuh semangat dan motivasi

j Mengkaji hal-hal, sementara terus mempertimbangkan pemecahannya

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kebebasan untuk berinovasi dengan proyek-proyek baru

j Mengejar minat-minat mereka yang berubah-ubah

j Dapat memperoleh penghargaan atas kemampuan mereka

j Kebebasan dari kendali dan hal-hal detil

j Mengejar dan menasihati mengenai peluang-peluang

Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:

j Menolong mereka melaksanankan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai

j Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek telah berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain

j Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Mengembangkan penilaian mereka yang berdasarkan perasaan

j Belajar meneruskan dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai

j Menyeimbangkan waktu ekstrovert dan introvert mereka

j Perasaan introvert mereka berkembang baik

Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFP:


j Konseling

j Pengajar

j Seni

j Jurnalisme

j Sains

j Menulis

j Penjualan

j Periklanan

INFJ – INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PERASAAN
(INTROVERTED INTUITION WITH FEELING)
VISIONER DAN NABI

(VISIONARY AND PROPHET)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Intuisi dan pemahaman

j Kesempatan untuk bersikap inovatif dengan gagasan baru

j Pemecahan masalah

j Keharmonisan dan persekutuan

j Mahir membujuk orang-orang lain untuk menyetujui dan bekerja sama

j Memenangkan penerimaan gagasan-gagasan mereka

j Intuisi yang diperkuat oleh perasaan

j Memvisualisasikan potensi manusiawi

j Menggunakan suatu proses subyektif dalam menimbang dan menerapkan nilai-nilai

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kemandirian dan kebebasan pribadi

j Memimpin orang-orang lain menuju keputusan mereka

j Bekerja dengan orang-orang untuk mengembangkan pemahaman dan individualitas

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Mencari hal-hal yang mungkin bertentangan dengan tujuan

j Perasaan dan penilaian mereka dikembangkan

j Belajar mendasarkan keputusan pada logika

j Berdisiplin antara waktu introvert dan ekstrovert

Bidang karir yang cocok untuk seorang INFJ:

j Pengajar

j Seni

j Pelayanan

j Sains

j Riset dan Pengembangan

j Menulis

INFP – PERASA YANG INTROVERT DENGAN INTUISI
(INTROVERTED FEELING WITH INTUITION)
PENCARI DAN PENJAGA NILAI MANUSIA

(SEEKER AND KEEPER OF HUMAN VALUES)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Kesetiaan terhadap tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan gagasan atau orang yang mereka pedulikan

j Perfeksionisme bila mereka menyukai sesuatu

j Mengambil pendekatan yang sangat pribadi terhadap hidup

j Menilai segala sesuatu dengan cita-cita batiniah dan nilai-nilai pribadi mereka

j Berpegang teguh pada impian ideal mereka dengan keyakinan yang bersemangat

j Kesetiaan batiniah dan impian ideal mengendalikan hidup mereka

j Enggan membuka perasaan yang terdalam

j Toleransi, berpikiran terbuka, pemahaman, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dalam masalah-masalah sehari-hari

j Sedikut kerinduan untuk mengesankan atau mendominasi

j Menghargai mereka yang memahami nilai-nilai dan tujuan mereka

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kesempatan untuk melihat kemungkinan melampaui apa yang ada sekarang, yang kelihatan atau diketahui

j Bekerja dalam pekerjaan yang mereka percayai

j Berkontribusi pada sesuatu yang meningkatkan pemahaman, kebahagiaan, atau kesehatan manusia

j Ada tujuan di balik penghasilan mereka

j Karunia berekspresi

Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:

j Menolong mereka melaksanakan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai

j Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek tela berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain

j Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian mengembangkan nilai-nilai yang hanya memiliki potensi yang kecil

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dalam kegiatan-kegiatan ekstrovert yang menyebabkan mereka menjadi berserakan dan tak teratur

j Memiliki seorang pendukung yang dapat menjaga mereka agar tetap berfokus pada tujuan

j Dapat menemukan saluran untuk mengekspresikan gagasan-gagasan mereka

Bidang karir yang cocok untuk seorang INFP:


j Menulis

j Psikologi

j Konseling

j Mengajar

j Literatur

j Seni

j Sains


Penjelasan Tipe Intellectuals: ENTJ, ENTP, INTJ, INTP July 20, 2008

Posted by ivanlukather in Myers Briggs.
add a comment

ENTJ – PEMIKIR YANG EKSTROVERT DENGAN INTUISI
(EXTRAVERTED THINKING WITH INTUITION)
KOMANDAN DAN ORGANISATOR

(COMMANDANT AND ORGANIZER)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Tindakan eksekutif dan perencanaan jangka panjang

j Bersifat logis, analitis, dan kritis secara obyektif

j Bersandar pada pemikiran

j Fokus pada gagasan, bukan orang di balik gagasan

j Berpikir lebih dulu, mengatur perencanaan, situasi, dan operasi yang berhubungan dengan suatu proyek

j Membuat usaha sistematis untuk mencapai sasaran mereka pada waktunya

j Kurang kesabaran terhadap situasi kebingungan atau ketidakefisienan

j Kepercayaan bahwa perilaku harus dikendalikan oleh logika

j Hidup dengan serangkaian aturan yang tertentu yang merangkum penilaian dasar mereka mengenai dunia

j Memandang apa yang tidak logis dan tidak konsisten

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Melihat kemungkinan-kemungkinan melampaui apa yang ada pada saat ini, yang kelihatan atau diketahui

j Kemampuan menggunakan minat-minat intelektual mereka, keingintahuan terhadap gagasan-gagasan baru, toleransi terhadap teori, dan cita rasa terhadap masalah-masalah kompleks

j Peluang menggunakan intuisi mereka

j Peluang-peluang pemecahan masalah, seperti pada posisi-posisi eksekutif

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang pendukung untuk memperhatikan hal-hal detil tertentu

j Memiliki orang-orang pendukung di sekitar mereka dengan akal sehat untuk mengemukakan fakta-fakta yang luput dari perhatian

j Sepenuhnya menguji suatu situasi sebelum mengambil suatu keputusan

j Berhenti dan mendengarkan sudut pandang orang-orang lain

j Berusaha memperhatikan nilai-nilai PERASAAN

j Mengembangkan seni menghargai gagasan dan prestasi orang-orang lain

j Belajar mengemukakan apa yang mereka sukai, bukan sekedar apa yang perlu dikoreksi

j Memiliki lebih banyak waktu-waktu ekstrovert dibandingkan waktu-waktu introvert

Bidang karir yang cocok untuk seorang ENTJ:

j Posisi-posisi eksekutif

j Pekerjaan yang memungkinkan mereka merencankan gambaran besar


ENTP – INTUITIF YANG EKSTROVERT DENGAN PIKIRAN
(EXTRAVERTED INTUITITIVE WITH THINKING)
INOVATOR YANG ANTUSIAS

(ENTHUSIASTIC INNOVATOR)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Mahir berurusan dengan teori dan hal-hal abstrak

j Mencari kemungkinan-kemungkinan dan cara-cara baru melakukan banyak hal

j Imajinasi dan inisiatif memulai proyek-proyek

j Perseptif terhadap sikap orang-orang lain

j Bertujuan untuk memahami daripada menghakimi orang

j Proyek yang berubah-ubah dan kesempatan-kesempatan baru demi kreativitas

j Kesempatan untuk mengembangkan dan mengilhami potensi dalam diri orang lain

j Membangkitkan semangat dan efektif dalam memotivasi orang lain

j Nakal dan mencintai kesenangan (fun)

j Membenci rutinitas yang tak memberi ilham

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kebebasan untuk berinovasi dengan proyek-proyek baru

j Mengejar minat-minat mereka yang berubah-ubah

j Dapat memperoleh penghargaan atas kemampuan mereka

j Kebebasan dari kendali dan hal-hal detil

j Mengajar dan menasihati mengenai peluang-peluang

Orang ini membutuhkan orang-orang pendukung yang akan:

j Menolong mereka melaksanakan dan menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai

j Dapat mengambil alih bilamana suatu proyek telah berjalan lancar sehingga mereka dapat mengejar minat-minat baru yang lain

j Memperhatikan hal-hal detil yang penting namun tak berhubungan dengan minat mereka yang utama

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Mengembangkan penilaian mereka

j Belajar meneruskan dan menyelesaikan apa yang telah mereka mulai

j Menyeimbangkan waktu ekstrovert dan introvert mereka

j Mengembangkan dengan baik perasaan introvert mereka

Bidang karir yang cocok untuk seorang ENFJ:


j Inventor (penemu/pencipta)

j Ilmuwan

j Jurnalis

j Pemasaran

j Hampir semua yang sungguh-sungguh mereka minati

j Analis komputer

j Promotor

INTJ – INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PIKIRAN
(INTROVERTED INTUITION WITH THINKING)
VISIONER DAN NABI

(VISIONARY AND PROPHET)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Pikiran-pikiran dan juga tindakan-tindakan inovatif

j Mempercayai pemahaman intuitif mereka terhadap hubungan sejati dan makna dari ha-hal

j Iman terhadap visi batiniah mereka, cukup untuk memindahkan gunung

j Mandiri, kadang-kadang sampai pada titik keras kepala

j Nilai tinggi pada kompetensi, terhadap diri mereka sendiri atau orang lain

j Kerinduan untuk menghabiskan waktu dan berusaha untuk melihat inspirasi mereka dilaksanakan dalam praktek

j Mendorong orang lain hampir sekeras mereka mendorong diri sendiri

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Suatu kemampuan untuk menggunakan intuisi mereka

j Tidak ada pekerjaan rutin

j Membangkitkan kemungkinan-kemungkinan yang berjangkauan jauh

j Menggunakan logika untuk mengubah kemungkinan menhadi realita

j Menggunakan pemikiran konseptual dan analitis

j Menggunakan teori dan abstraksi mereka

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang lain di sekitar mereka yang dapat menolong dengan gambaran menyeluruh

j Membuat usaha untuk melihat nilai-nilai dan perasaan orang lain

j Tidak menekan nila-nilai pribadi mereka sendiri

j Mencari cara yang tepat untuk mengatasi tekanan

j Belajar menunjukkan penghargaan dalam pekerjaan dan hubungan pribadi

j Mengembangkan PIKIRAN mereka untuk memberikan penilaian yang diperlukan

j Mendengarkan pendapat orang-orang lain

Bidang karir yang cocok untuk seorang INTJ:

j Sains

j Rekayasa/Teknik

j Penemuan baru

j Politik

j Filsafat

INTP – INTUITIF YANG INTROVERT DENGAN PIKIRAN(INTROVERTED INTUITION WITH THINKING)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Membuat penilaian logis tentang kemungkinan-kemungkinan non-personal

j Konseptual dan analitis

j Kritis secara obyektif

j Berfokus lebih pada gagasan daripada orang di balik gagasan

j Lingkaran kecil sahabat-sahabat dekat

j Pendiam dan penyegan

j Sangat ingin tahu mengenai gagasan-gagasan baru

j Menjadi terlalu tenggelam dalam gagasan dan mengabaikan situasi-situasi eksternal

j Kerinduan untuk memahami misteri kompleks dari hal-hal yang bukan pribadi

j Pada umumnya gampangan (easy-going) dan mudah beradaptasi

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kemampuan menggunakan intuisi mereka

j Mengambil pemahaman intuitif dan mengkajinya secara logis

j Membangkitkan kemungkinan-kemungkinan yang berjangkauan jauh

j Menggunakan logika untuk mengubah kemungkinan menjadi realita

j Menggunakan pemikiran konseptual dan analitis

j Menggunakan teori dan daya khayal mereka

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang lain di sekitar mereka yang dapat menolong dengan gambaran menyeluruh

j Berusaha untuk melihat nilai-nilai dan perasaan orang lain

j Tidak menekan nilai-nilai pribadi mereka sendiri

j Mencari cara yang tepat untuk mengatasi tekanan

j Belajar menyederhanakan argumentasi mereka

j Mengembangkan PERSEPSI mereka

j Memiliki lebih banyak kontak dengan dunia luar

j Belajar menyatakan penghargaan terhadap pekerjaan dan hubungan pribadi

j Menyeimbangkan waktu-waktu ekstrovert dan introvert

Bidang karir yang cocok untuk seorang INTP:


j Sains

j Rekayasa/Teknik

j Riset

j Matematika

j Pengajar

j Pemikir abstrak dalam bidang-bidang seperti ekonomi, filsafat dan psikologi

j Scholar/ Cendekiawan



Penjelasan Tipe Creators: ESTP, ESFP, ISTP, ISFP July 20, 2008

Posted by ivanlukather in Myers Briggs.
add a comment

ESTP – PENGINDERA YANG EKSTROVERT DENGAN PIKIRAN
(EXTRAVERTED SENSING WITH THINKING)
REALIS TULEN

(SUPREME REALIST)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Menghadapi hidup secara realistik dan tak pribadi

j Bersahabat, realisme yang dapat beradaptasi

j Bersandar pada apa yang mereka lihat, dengar dan ketahui dari tangan pertama

j Menerima dengan baik dan menggunakan fakta di sekitar mereka

j Mencari solusi-solusi yang memuaskan

j Kemampuan beradaptasi

j Berpikiran terbuka dan toleransi

j Keterampilan pemecahan masalah

j Menggunakan aturan-aturan, sistem atau situasi saat ini sebagai penolong, bukan penghalang

j Keingintahuan terhadap orang, kegiatan, makanan, obyek atau pemandangan

j Membuat keputusan berdasarkan analisis logis pikiran bukan nilai-nilai perasaan pribadi

j Keuletan bila dituntut situasi

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kemampuan untuk menggunakan indera untuk melihat kebutuhan saat ini

j Mengatasi orang dan konflik dengan terampil

j Dapat menyerap, menerapkan dan mengingat banyak sekali fakta

j Dapat menerapkan cita rasa artistik dan penilaian

j Dapat menerapkan realisme, tindakan dan kemampuan beradaptasi

j Kebebasan untuk melakukan berbagai kegiatan

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang pendukung yang intuitif di sekitar mereka

j Memiliki orang-orang yang berpikiran positif di sekitar mereka untuk menghindarkan mereka berfokus pada hal-hal negatif

j Mengembangkan PIKIRAN mereka sehingga mereka dapat menggunakan prinsip-prinsip mereka untuk memberikan standar bagi perilaku, arah dan tujuan dalam hidup mereka

j Mengembangkan PENILAIAN dengan memadai untuk memberikan watak dan sikap ketekunan/kesetiaan

j Waktu-waktu ekstrovert diseimbangkan untuk menghindarkan dari sikap impulsif

Bidang karir yang cocok untuk seorang ESTP:


j Rekayasa/Teknik

j Polisi

j Investigasi Kredit

j Pemasaran

j Teknologi kesehatan

j Troubleshooting

j Jasa Makanan

j Rekreasi

j Produksi

j Konstruksi

ESFP – PENGINDERA YANG EKSTROVERT DENGAN PERASAAN
(EXTRAVERTED SENSING WITH FEELING)
REALIS TULEN

(SUPREME REALIST)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Bersandar pada apa yang mereka lihat, dengar dan ketahui dari tangan pertama

j Menerima dan menggunakan fakta di sekitar mereka

j Mencari solusi-solusi yang memuaskan

j Kemampuan beradaptasi

j Berpikirang terbuka dan toleransi

j Keterampilan pemecahan masalah

j Menggunakan aturan-aturan, sistem atau situasi saat ini sebagai penolong, bukan penghalang

j Keingintahuan terhadap orang, kegiatan, makanan, obyek atau pemandangan

j Membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai perasaan pribadi bukan analisis logis

j Tertarik pada orang, penuh akal dan simpatik

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kemampuan untuk menggunakan indera untuk melihat kebutuhan saat ini

j Mangatasi orang dan konflik dengan terampil

j Dapat menyerap, menerapkan dan mengingat banyak sekal fakta

j Dapat menerapkan cita rasa artistik dan penilaian

j Dapat menerapkan realisme, tindakan dan kemampuan beradaptasi

j Kebebasan untuk melakukan berbagai tindakan

Orang ini lebih seimbang bila:

j Lebih berdisiplin dengan orang-orang lain

j Gagasan abstrak dan teori dijelaskan kepada mereka dan diuji dalam pengalaman mereka

j Dapat melihat relevansi suatu gagasan atau teori

j PERASAAN mereka dikembangkan sehingga nilai-nilai mereka memberikan standar bagi perilaku mereka

j Penilaian dikembangkan untuk memberikan watak dan sikap ketekunan/kesetiaan

j Waktu-waktu ekstrovert diseimbangkan dengan waktu introvert

Bidang karir yang cocok untuk seorang ESFP:


j Jasa kesehatan

j Penjualan

j Disain

j Transportasi

j Entertainment

j Operasi mesin

j Troubleshooting (Mencari dan memecahkan kesulitan)

j Supervisi kelompok kerja

j Jasa makanan

j Sekretaris atau pekerjaan kantoran

ISTP – PEMIKIR YANG INTROVERT DENGAN INDERA
(INTROVERTED THINKING WITH SENSING)
SANGAT DAPAT DIANDALKAN

(SUPER DEPENDABLE)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Logis, analitis dan kritis secara obyektif

j Kesenangan mengorganisir fakta dan data

j Keinginan tahu yang besar namun secara diam-diam

j Pemalu secara sosial kecuali bila salah satu prinsip penting dilanggar

j Mudah beradaptasi kecuali bila salah satu prinsip penting dilanggar

j Terampil dengan tangannya

j Menyukai olah raga dan kegiatan luar rumah (outdoor)

j Menyukai segala sesuatu yang memberikan banyak informasi bagi indera

j Tertarik pada bagaimana dan mengapa hal-hal bekerja

j Biasanya gampangan (easy-going), menyukai kesenangan (fun) dan mudah beradaptasi

j Kemampuan berorganisasi

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kesempatan untuk memahami rahasia cara kerja hal-hal konkrit: mesin, peralatan, hukum, program komputer

j Mencari solusi terhadap masalah-masalah saat ini

Orang ini akan seimbang bila mereka:

j Tidak mengharapkan orang-orang lain sama logis dan analitisnya seperti mereka

j Mengembangkan PERASAAN mereka

j Membagikan dunia batiniah tentang hal-hal detil dan informasi dengan orang-orang lain

j Mengijinkan beberapa perasaan atau emosi memiliki kepentingan, baik dari diri sendiri dan orang-orang lain

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu ekstrovert karena hal itu menyebabkan mereka menjadi tidak konsisten dan tak dapat diandalkan, tak mampu mengikuti

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu introvert karena hal itu menyebabkan mereka memiliki penilaian yang rapuh

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISTP:


j Sains Terapan

j Teknisi mekanis

j Hukum

j Ekonomi

j Pemasaran

j Penjualan

j Statistik

j Keamanan


ISFP – PERASA YANG INTROVERT DENGAN INDERA
(INTROVERTED FEELING WITH SENSING)
PENCARI DAN PENJAGA NILAI MANUSIA

(SEEKER AND KEEPER OF HUMAN VALUES)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Menilai hidup dengan impian ideal batiniah dan nilai-nilai pribadi mereka

j Bekerja dengan cara khusus dengan orang-orang atau makhluk hidup lain

j Menjaga diri mereka sesuai standar yang tinggi

j Hewan dapat menjadi bagian penting dalam hidup mereka

j Setia kepada tugas, dapat diandalkan, akurat

j Toleran, berpikiran terbuka, fleksibel dan mampu beradaptasi

j Tampil tenang dan tegar dalam suatu krisis

j Mendalam, bekerja keras, stabil

j Ketekunan yang menstabilkan

j Menikmati saat-saat sekarang, tidak terburu-buru beralih

j Ramah, simpatik, banyak akal dan terbeban dengan tulus

j Sedikit kerinduan untuk mengesankan atau mendominasi

j Perfeksionis bila mereka menyukai sesuatu secara mendalam

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kemampuan untuk menikmati ciat rasa, diskriminasi dan makna keindahan dan proporsi

j Cinta yang khusus akan alam dan simpati terhadap hewan

j Kesempatan untuk bekerja dengan tangan mereka, cipta karya

j Pekerjaan yang berkontribusi terhadap sesuatu yang berarti bagi mereka

j Cara-cara praktis untuk mengekspresikan impian ideal mereka

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dalam kegiatan ekstrovert karena hal itu menyebabkan mereka menjadi berserakan dan tak teratur

j Menggunakan persepsi mereka untuk memahami orang-orang lain

j Tidak menghabiskan waktu terlalu banyak sendirian karena hal itu menyebabakan mereka membuat penilaian yang tak realistik dan bernilai kaku

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISFP:

j Dokter hewan

j Cipta karya dengan tangan

j Mengajar

j Penyedia jasa atau pemerhati pribadi

j Profesi kesehatan

Penjelasan Tipe Protectors: ESTJ, ESFJ, ISTJ, ISFJ July 20, 2008

Posted by ivanlukather in Myers Briggs.
1 comment so far

ESTJ – PEMIKIR YANG EKSTROVERT DENGAN INDERA
(EXTRAVERTED THINKING WITH SENSING)
KOMANDAN DAN ORGANISATOR

(COMMANDANT AND ORGANIZER)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Menggunakan pikiran mereka untuk mengendalikan sibisa mungkin dunia mereka

j Mengorganisir proyek-proyek, lalu mengusahakan agar terselesaikan

j Bersifat logis, analitis dan kritis secara obyektif

j Bersandar pada pemikiran

j Fokus pada pekerjaan, bukan orang di balik pekerjaan

j Mengorganisir fakta-fakta, situasi dan operasi yang berhubungan dengan suatu proyek

j Membuat usaha sistematis untuk mencapai sasaran mereka pada waktunya

j Kurang kesabaran terhadap situasi kebingungan atau ketidakefisienan

j Kepercayaan bahwa perilaku harus dikendalikan oleh logika

j Hidup dengan serangkaian aturan yang tertentu yang merangkum penilaian dasar mereka mengenai dunia

j Memandang realita-realita saat ini, bukan kemungkinan-kemungkinan masa depan

j Tidak berbelit-belit, praktis, realistis dan terbeban pada keadaan saat ini

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Melihat hasi pekerjaan mereka sebagai sesuatu yang segera, nyata dan dapat dirasakan

j Kemampuan menggunakan kecenderungan alami mereka terhadap bisnis, industri, produksi dan konstruksi

j Pemanfaatan kemampuan administratif mereka

j Kesempatan menggunakan kemampuan mereka untuk menetapkan tujuan, membuat keputusan dan memberikan perintah yang perlu

j Peluang-peluang pemecahan masalah, seperti pada posisi-posisi eksekutif

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang pendukung untuk memperhatikan beberapa hal detil tertentu

j Memiliki orang-orang pendukung di sekitar mereka dengan akal sehat untuk  mengemukakan fakta-fakta yang luput dari perhatian

j Sepenuhnya menguji suatu situasi sebelum mengambil suatu keputusan

j Berhenti dan mendengarkan sudut pandang orang-orang lain

j Berusaha memperhatikan nilai-nilai PERASAAN

j Mengembangkan seni menghargai gagasan dan prestasi orang-orang lain

j Belajar mengemukakan apa yang mereka sukai, bukan sekedar apa yang perlu dikoreksi

j Memiliki lebih banyak waktu-waktu ekstrovert dibandingkan waktu-waktu introvert

Bidang karir yang cocok bagi seorang ESTJ:

j Posisi-posisi eksekutif

j Bisnis

j Industri, produksi


ESFJ – PERASA YANG EKSTROVERT DENGAN INDERA
(EXTRAVERTED FEELING WITH SENSING)
HARMONIZER

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Memancarkan simpati dan persekutuan

j Hubungan manusiawi yang harmonis

j Bersahabat, bijaksana dan simpatik

j Tekun, teliti dan teratur

j Dihangatkan karena persetujuan dan peka terhadap sikap masa bodoh

j Berkonsentrasi pada sifat-sifat orang lain yang patut dipuji

j Kesetiaan terhadap orang-orang yang dihormati, lembaga atau pelayanan

j Mengidealkan apa yang mereka kagumi

j Kemampuan melihat nilain pada pendapat orang lain

j Mudah setuju terhadap pendapat orang lain dalam batas-batas yang masuk akal

j Belas kasihan dan kesadaran akan kondisi fisik

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Kesempatan untuk melihat realita yang ditangkap oleh kelima indera mereka

j Minat pada perbedaan-perbedaan unik dalam setiap pengalaman

j Menikmati milik mereka

j Variasi kegiatan, tetapi dapat beradaptasi dengan baik terhadap rutinitas

j Dapat menerapkan minat mereka terhadap buku-buku

j Hanya sekadarnya membutuhkan teori

j Dapat menggunakan karunia mereka dalam berekspresi, misalnya berbicara di depan banyak orang dari pada menulis

j Berbicara dengan orang-orang

j Membangun kerja sama

j Mendasarkan keputusan pada nila-nilai pribadi

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Memiliki orang-orang pendukung yang mengelola bidang-bidang yang menuntut ketelitian fakta seperti akuntansi

j Berusaha untuk bersikap ringkas dan profesional

j Tidak membiarkan sikap-sikap sosial memperlambat mereka dalam pekerjaan

j Mengambil waktu untuk memperoleh pengetahuan tangan pertama tentang seseorang atau situasi sebelum membuat suatu asumsi

j Menghadapi fakta-fakta yang tak dapat disetujui, daripada mengabaikan masalah-masalah mereka

j Memiliki lebih banyak waktu-waktu ekstrovert daripada waktu introvert

Bidang karir yang cocok untuk seorang ESFJ:


j Pengajar

j Pengkhotbah

j Penjual

j Profesi kesehatan


ISTJ – PENGINDERA YANG INTROVERT DENGAN PIKIRAN
(INTROVERTED SENSING WITH THINKING)
SANGAT DAPAT DIANDALKAN

(SUPER DEPENDABLE)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Dapat diandalkan, akurat

j Penghargaan yang lengkap, realistik dan praktis terhadap fakta

j Menerima tanggung jawab melampaui panggilan tugas

j Tampil tenang dan tegar dalam suatu krisis

j Mendalam, bekerja keras, stabil

j Pilihan yang berhati-hati terhadap proyek

j Kemampuan berorganisasi

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Peranan manajemen dan supervisi

j Menemukan solusi terhadap masalah-masalah saat ini

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Tidak mengharapkan orang-orang lain sama logis dan analitisnya seperti mereka

j Menggunakan persepsi mereka untuk memahami orang-orang lain

j Mengembangkan PIKIRAN mereka

j Membagikan dunia batiniah tentang hal-hal detil dan informasi dengan orang-orang lain

j Mengijinkan beberapa perasaan atau emosi memiliki kepentingan, baik dari diri sendiri dan orang-orang lain

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu ekstrovert atau terlalu banyak waktu sendirian

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISTJ:

j Akuntansi

j Teknik Sipil

j Hukum

j Reproduksi

j Konstruksi

j Karir kesehatan

j Pekerjaan kantoran

ISFJ – PENGINDERA YANG INTROVERT DENGAN PERASAAN
(INTROVERTED SENSING WITH FEELING)
SANGAT DAPAT DIANDALKAN

(SUPER DEPENDABLE)

Preferensi (kecenderungan) orang ini meliputi:

j Mendasarkan keputusan pada nilai-nilai pribadi

j Dapat diandalkan, akurat

j Penghargaan yang lengkap, realistik dan praktis terhadap fakta

j Menerima tanggung jawab melampaui panggilan tugas

j Terampil, tenang dan tegar dalam suatu krisis

j Mendalam, bekerja keras, stabil

j Ketekunan yang menstabilkan

j Pilihan yang berhati-gati terhadap proyek

j Kemampuan berorganisasi

j Ramah, simpatik, banyak akal dan terbeban dengan tulus

j Kemampuan untuk mengingat hal-hal detil

Orang ini merindukan suatu lingkungan yang mencakup:

j Peranan manajemen dan supervisi

j Menemukan solusi terhadap masalah-masalah saat ini

j Kesempatan untuk mengumpulkan fakta untuk mendukung evaluasi mereka

j Tetap dalam dunia realita

Orang ini lebih seimbang bila mereka:

j Tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dalam kegiatan-kegiatan ekstrovert

j Menggunakan persepsi mereka untuk memahami orang-orang lain

j Mengembangkan PENILAIAN dan PERASAAN mereka

j Membagikan dunia batiniah tentang hal-hal detil dan informasi dengan orang-orang lain

j Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu sendiri karena hal itu menyebabkan pikiran-pikiran tak produktif dan mungkin depresi

Bidang karir yang cocok untuk seorang ISFJ:

j Mengajar

j Penyedia jasa atau pemerhati pribadi

j Profesi kesehatan

j Pekerjaan kantoran

Cara mengambil test:

Klik: http://www.humanmetrics.com/cgi-win/JTypes2.asp

Ok,kira2 anda masuk yang mana,? 😀

sumber : ivanlukather.wordpress.com/category/uncategorized/